Panduan Membersihkan Jaket Kulit Asli Yang Bau Apek

Panduan Membersihkan Jaket Kulit Asli Yang Bau Apek

Merawat jaket kulit sangat berbeda dengan merawat jaket dari bahan-bahan jenis lainnya, jaket yang dibuat dari bahan kulit asli hewan banyak yang perlu diperhatikan terutama yang ini sangat perlu untuk diperhatikan agar tidak merusak bahan kulit asli jaket kamu.

Harga yang terbilang sangat mahal untuk mendapatkan jaket kulit retro dari sebagian besar pedagang. Oleh karena itu, perawatan sebuah jaket memang perlu diperhatikan dengan baik, sehingga dapat awet dan tahan lama.

Biasanya penjual produk yang produk termasuk produk premium seperti jaket kulit akan menjelaskan cara cara merawat jaket kulit supaya awet dan tahan lama. Tetapi tidak salahnya kitapun harus memahamai cara cara yang tepat.

Pilih Bahan Pembersih yang Tepat.

Jaket yang terbuat dari kulit tentunya membutuhkan proses pembersihan dan deterjen khusus. Bahan pembersih harus lembut pada kain, dan melestarikan pelumasan alaminya. Anda dapat menemukan berbagai macam sabun khusus untuk jaket kulit. Perlu di ingat, jangan sampai deterjen, pemutih, amonia dan bleach jangan sampai terkena pada bagian bahan kulitnya, karena hal tersebut dapat menimbulkan crack pada kulit. Deterjen hanya bisa di aplikasikan pada bagian kain dalam jaket kulitnya saja.

Penghilang Noda.

Noda dapat merusak penampilan pakaian kulit Anda. Beberapa noda kulit lebih mudah dihapus daripada yang lain. Anda dapat menyingkirkan noda lemak dan minyak umum dengan menaburkan kapur papan tulis pada area bernoda, dan meninggalkannya di sana selama satu atau dua hari. Noda lain seperti anggur, darah, lilin atau tinta mungkin memerlukan penghapusan khusus oleh pembersih profesional.

Menghilangkan Jamur.

Jamur dapat terbentuk pada jaket kulit Anda karena penyimpanan yang lama di lingkungan yang tidak berudara. Anda dapat menggunakan campuran alkohol dan air untuk membersihkan jamur dari pakaian kulit. Cukup celupkan sepotong kain bersih ke dalam campuran dan gosokkan dengan lembut pada area yang terkena. Jika jamur bersifat persisten, tambahkan deterjen atau bahan pembasmi kuman ringan ke dalam campuran dan bersihkan menggunakan kain bersih.

Pengeringan.

Setelah jaket kulit Anda bersih, Anda harus membiarkannya kering secara alami. Jangan pernah mengeringkan jaket kulit menggunakan pengering buatan untuk mencegah mereka kehilangan bentuk. Anda bisa menjejalkan jaket kulit sebelum dikeringkan, untuk membuatnya terlihat kencang dan bebas kerut setelahnya.

Baca : Sukaregang Kawasan Pusat Kerajinan Kulit Garut Sejak Dulu

Cara Mencuci Bagian Dalam Jaket Kulit Asli Yang Bau Apek

  • Balik jaket anda, sehingga bagian dalam terlihat di luar
  • Campurkan deterjen 1 sendok makan dengan 4 gelas air hangat dalam mangkuk kecil.
  • Celupkan spon pada larutan tersebut lalu peras untuk mengeluarkan air.
  • Gosokkan perlahan spon pada bagian dalam jaket, fokuskan pada bagian yang bau terutama bagian ketiak. Gosok terus sampai merata ke seluruh permukaan bagian dalam jaket
  • Bagian dalam jaket terbuat dari bahan pakaian biasa, jadi tidak perlu khawatir jika terkena detergent secara langsung.
  • Kosongkan mangkuk berisi detergen tadi, lalu ganti dengan air hangat saja.
  • Celupkan spon pada air hangat lalu peras.
  • Gunakan spon untuk menghilangkan bekas detergen yang menempel di jaket kulit
  • Jemur jaket kulit (masih dalam keadaan terbalik). Sinar matahari juga membantu menghilangkan bau apek

Yang terakhir, pastinya anda membeli jaket kulit di toko terpercaya penjual jaket kulit asli. Karena banyak diluaran sana yang memberikan ulasan bahwa jaketnya asli ternyata memang tidak asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *