Perkembangan Fisik Kota Garut

BABANCONG

Garut Kota indah dan terkenal sebagai Swiss Van Java, keterkenlanannya itu karena Garut sangat eksotik dan menawan sehingga semua orang dapat tergiur dengan Garut, selain dari dalam Negeri orang yang dari luar negri pun merasa nyaman, asri, ketika menginjak Kota Intan Garut. Dalam perkembangannya dari masa ke masa Garut semakin kesini semakin banyak perkembangannya, dari sarana prasarana, fisik, infrastruktur dan lain sebagainya, Garut semakin berkembang dan maju sehingga menjadi role model bagi kota-kota lain yang berada di wilayah Indonesia, bahkan luar negeri

Perkembangan Fisik Kota Garut

  • Periode Pertama

Sampai tahun 1960- an, perkembangan fisik Kota Garut dibagi menjadi tiga periode, yakni periode pertama kisaran pada tahun 1813 sampai dengan 1920-an Kota Garut mengalami perkembangan dengan secara linear.

Pada masa itu di Kota Garut banyak didirikan bangunan-banguna oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada waktu itu diperuntukkan untuk kepentingan Pemerintahan, berinvestasi dalam usaha perkebunan-perkebunan, penggalian-penggalian sumber daya mineral serta objek wisata. Pembangunan pemukiman penduduk, yang terutama disekitar alun-alun dan memanjang ke arah Timur sepanjang jalan Societeit Straat.

  • Periode Kedua

Pada periode kedua ini tahun 1920 sampai dengan 1940-an. Kota Garut berkembang secara konsentris, perubahan itu terjadi karena pada periode pertama diberikan proyek kepada penduduk Kota Garut berupa pelayanan publik yang artinya pelayanan bagi penduduk. Wajah tata kota mulai berubah dengan berdirinya beberapa fasilitas kota, seperti stasiun kereta api, kantor pos, pertokoan ( milik orang Cina, Jepang, India, dan Eropa), hotel, sarana pendidikan ( sekolah ), serta pasar.

  • Periode Ketiga

Pada periode ketiga ini tahun 1940 sampai dengan pada tahun 1960-an. Perkembangan Kota Garut sangat cenderung mengikuti teori inti yang berganda. Perkembangan teori ini berganda ini bisa dilihat dari daripada zona-zona perdagangan, pendidikan, pemukiman serta perkembangan dan pertumbuhan penduduk.

Leave a Reply