Proses Pelipatan Surat Suara Pemilu 2019, mulai Dilipat di Garut

Proses sortir dan pelipatan untuk surat suara pemilu serentak 2019 mulai dilakukan di Kabupaten Garut, proses pelipatan surat suara tersebut dilakukan oleh petugas relawan Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Garut, sedikitnya kurang lebih 3000 relawan dilibatkan dalam proses pelipatan surat suara pemilu serentak 2019 untuk menyelesaikan pelipatan.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Garut Junaedin Basri terhitung dari hari ini Minggu, 10 Maret 2019 sampai dengan 31 Maret 2019, KPU Garut melakukan proses sortir dan pelipatan surat suara pemilu serentak 2019. Proses pelipatan sudah sesuai dengan Standar Operasional yang telah ditentukan sehingga proses pelipatan surat suara tersebut akan selesai pada waktu yang telah ditentukan.

Kurang lebih 3000 relawan yang dilibatkan yang berasal dari berbagai wilayah Kabupaten Garut, mereka bekerja setiap hari dari pukul 08.00 wib s/d 17.00 wib secara bergantian yang dibagi menjadi 10 kelompok perhari nya, kurang lebih 400 orang relawan per harinya. Untuk satu kelompok pelipatan surat suara, dua orang bertugas sebagai sortir kualitas surat suara tersebut cacat atau rusak, juga disertakan seorang supervisor tiap harinya ditambah seorang pengawas per kelompok.

Pada tahap awal pelipatan diutamakan serta difokuskan untuk suarat suara calon DPD, kemudian dilanjutkan dengan surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta paling akhir surat suara untuk Pilpres, imbuhnya.

Leave a Reply