Keadaan Umum Kota Garut

BABANCONG

Pada awal abad ke-20, Kota Garut mengacu kepada pola masyarakat yang heterogen sebagai akibat dari arus urbanisasi. Keanekaragaman masyarakat Kota Garut serta pertumbuhan Kota Garut erat kaitannya dengan usaha-usaha perkebunan dan objek wisata di daerah Garut. Orang Belanda mempunyai andil besar dalam hal ini yaitu dalam pembangunan perkebunan serta pertanian di daerah Garut dia adalah yang bernama K.F Holle. Untuk mengenang berbagai kebaikannya dengan kata lain mengenang jasa-jasanya, Pemerintah Kolonial Belanda mengabadikan nama Mr. Holle menjadi sebuah jalan di Kota Garut, yakni jalan holle atau untuk sekarang jalan tersebut adalah Jalan Mandalagiri, serta Pemerintah Kolonial Belanda membuat patung setengah dada Mr. Holle di Alun-alun Kota Garut.

Pembangunan serta pembukaan perkebunan-perkebunan tersebut diikuti pula dengan pembangunan hotel-hotel sekitar kisaran tahun 1917 an. Hotel-hotel tersebut merupakan tempat menginap serta hiburan yang dikhususkan bagi para pegawai perkebunan atau para wisatawan dari luar negeri. Hotel-hotel di Kota Garut seperti Hotel Papandayan, Hotel Villa Dolce, Hotel Belvedere serta Hotel Van Hengel. Di luar Kota Garut terdapat ada Hotel Ngamplang yang berada di Kecamatan Cilawu Garut, Hotel Cisurupan yang berada di Kecamatan Cisurupan, Hotel Melayu yang terletak di Kecamatan Tarogong, Hotel Bagendit yang berada di wilayah Kecamatan Banyuresmi, Hotel Kamojang yang berada di wilayah Samarang serta Cilauteureun yang berada di wilayah Garut Selatan tepatnya di daerah Pameungpeuk Garut. Berita mengenai tentang indahnya, eksotiknya, Kota Garut tersebar ke seluruh pelosok Negeri, tidak hanya di dalamNEgeri bahkan berita mengenai indahnya Kota Garut terkenal ke seluruh penjuru dunia.

Demikian keadaan umum Kota Garut pada waktu itu seperti yang telah diuraikan diatas pembangunan-pembangunan Kota Garut semakin maju dan berkembang, walaupun sedikitnya menjadi warisan Pemerintah Kolonial Belanda, namun pemanfaatannya masih ada hingga sekarang ini, Kota Garut yang indah ini tidak hanya dikenal di dalam Negeri namun sudah terkenal ke seluruh lapisan penjuru dunia tidak hanya sekarang bahkan keindahan Kota Garut ini, sudah terkenal dari sejak Pemerintahan Kolonial Belanda.

Leave a Reply