Soto Ahri Legendaris Di Garut

Garut merupakan kota yang dikelilingi suasana pegunungan yang indah dan asri, begitupun dengan dunia kulinernya yang patut diprhitungkan dan dinikmati kuliner yang khas berasal dari kota intan ini terlebih pada saat ini yang semakin banyak di kota Garut, baik yang turun temurun dengan kata lain yang khas maupun pada “zaman kekinian”.

Kota Garut menjadi salah satu rujukan untuk hunting atau “berburu” di dunia kuliner. Salah satunya Soto Ahri yang melegenda merupakan destinasi bagi pecinta kuliner yang rada wajib dikunjungi tentunya dicicipi soto tersebut, yang dijamin enak serta ketagihan. tidak lengkap untuk sarapan, atau makan siang juga di sore hari untuk menikmati “soto ahri”.

Soto yang citarasanya sangat tinggi juga merupakan resep warisan secara turun temurun dari keluarga, resep dan bumbunya tetap terjaga dan tidak berubah sehingga banyak digemari oleh berbagai lapisan masyarakat, tidak hanya orang Garut saja akan tetapi dari luar daerah pun sering mengunjunginya dengan harga yang bisa terjangkau oleh siapapun juga. Hal inilah yang menjadikan “soto ahri” semakin banyak dikunjungi dan dinikmati oleh pecinta kuliner.

Sekilas tentang Soto Ahri

Soto Ahri berdiri pada tahun 1943, Haji Ahri sebgai pelopornya yang awalnya terletak di Jalan Mandalagiri, masuk gang harjo (Pasar Jagal ) Garut kemudian dengan seiringnya perkembangan zaman soto ahri membuka warung lagi di Jalan. Cimanuk samping kedai raos serta di Jalan. Pembangunan depan Pusat Pemerintahan Kabupaten Garut ( Pemda ), juga cucunya membuka di daerah Bandung, yang di Jalan. Mandalagiri merupakan pusatnya
serta yang lainnya adalah cabang dari ” Soto Ahri ” tersebut. Warung soto ahri menyajikan “soto” saja paling pilihan variatif atau kombinasinya seperti daging sapi atau daging ayam, pakai nasi atau tidak, nasi nya satu porsi atau setengah porsi. Itu merupakan kombinasi yang ada di warung atau kedai soto ahri, karena masyarakat sering bilang ke “soto ahri” bukan memanggil diawalnya warung, kedai ataupun rumah makan, dengan menyebut soto ahri otomatis ke kedai, rumah makan, ataupun warung makan.

Pada awalnya soto ahri menyediakan daging sapi saja, akan tetapi belakangan ini ditambah dengan pilihan atau menu daging ayam, kuah sotonya yang asin dan gurih yang menggunakan santan kuning yang cukup pekat karena di dalamnya mengandung bahan yang alami seperti bumbu dan rempah-rempah, kuah sotonya pun ditaburi dengan kacang kedelai goreng serta daun bawang. Untuk daging sapi, daging sapinya yang bersih dan empuk, juga jeroan bila kita ingin pakai jeroan ataupun tidak, tinggal memesannya sesuai selera kita. Selain itu untuk minuman nya tersedi berbagai macam jus, es campur, es kelapa, dan es jeruk. Harga Nasi Soto Sapi : Rp.24.000,- dan untuk Nasi Soto Ayam : Rp. 20.000,-

Tetapi untuk di warung soto ahri yang di jalan mandalagiri ( pasar jagal ) jangan terlalu siang, karena jam 12.00 wib saja sudah habis dan tutup.

Soto Ahri merupakan destinasi kuliner yang perlu dicoba dan dicicipi, bila kita berkunjung ke kota Garut, sudah seharusnya merupakan menu yang wajib dikunjungi kekedai atau warung soto ahri ini, yang mana dijamin kualitas serta citarasa yang tinggi dijamin tidak berubah rasanya yang turun temurun mempertahankan, sebelum beraktifitas atau mengunjungi keluarga, kerabat yang ada di kota Garut, ada yang spesial di kota Garut yaitu ” soto ahri ” yang dekat jaraknya dengan pusat kota Garut, dari arah ” pengkolan ” pusat pertokoan yang ada di kota Garut hanya beberapa menit saja untuk memasuki jalan mandaligiri, sebagai pusatnya ” soto ahri “, selain yang cabang-cabang seperti yang telah disebutkan di atas.

Leave a Reply